- Penuhi kebutuhan konsumen
- Kenali kebutuhan konsumen
- Penuhi kebutuhan tersebut dengan harga, kualitas produk, dan pelayanan yang lebih baik
- Product centric = membuat banyak produk sekaligus berdasarkan analisa pasar
- Costumer centric = membuat produk hanya saat ada pesanan dari konsumen
- Jual keunikan(ultimate advantage)
- Produk Kreatif dan inovatif
- Penemuan jenis produk, teknologi, sistem, dan program baru
- Jangan ragu mematenkan penemuan baru
- Penemuan baru yang memiliki ultimate advantage sangat berpeluang menembus pasar
- Duplikasi usaha lain
- Terkadang ide usaha tersebar dimana-mana
- Perlu membaca peluang, mengukur potensi dan berani mengambil resiko
- Plus memberikan nilai tambah(harga, pelayanan, kecepatan, keramahan)
- Beri fasilitas tambahan
- Agar unggul produk dapat diubah dan atau ditambah
- Kuncinya dalah keunggulan produk dibanding yang lain
- Jual ketrampilan
- Jeli dengan bakat yang dimiliki orang
- Manfaatkan orang berbakat pada hal yang dapat dijadikan nilai jual
- Jadi agen
- membuka keagenan atau biro jasa
- Perlu pengalaman dan relasi
- Dapat ditangani sendiri atau mempekerjakan orang berbakat
- Jual barang second
- Barang memiliki nilai historis
- Barang memiliki merk asli dan bagus
- Barang memiliki harga yang spesial
- Barang milik orang terkenal
- Tidak akan kekurangan barang
- Buka kantor
- Coba merintis kantor sendiri, ajak kolega atau teman seprofesi untuk patungan modal
- Jual skill dan pengalaman anda, reputasi dan relasi akan mempengaruhi jumlah klien
- Jalankan DS/MLM
- Bisnis prospektif
- Direst selling(DS) dan multi-level marketing(MLM) sering juga disebut personal franchise
- Modal relatif murah
- Didukung produk yang bagus
- Memiliki sistem pendukung pemasaran
- Ada pelatihan dan seminar
- Jenjang karier
- Kesempatan untuk mendirikan perseroan sendiri(authorized distributor)
- Hindari bisnis skema piramid atau money game berkedok MLM
- Beli waralaba
- Modal lumayan besar tapi bagus untuk yang tak mau repot memikirkan jenis usaha baru
- Waralaba usahanya relatif terstandarisasi
- Jeli memilih waralaba yang bagus dan berpotensi
- Banyak pilihan waralaba dengan modal besar atau yang sedang-sedang saja
- Beli usaha prospektif
- Punya keunikan dan SDM bagus
- Prospeknya cerah
- Beli usaha sekarat
- Usaha sekarat karena manajemen yang amburadul
- Jeli dalam merekayasa ulang usaha dengan strategi yang tepat
- Biaya pemolesan(pemulihan) harus dikontrol
- Dapat dibeli dengan harga murah
- Buka lokasi
- Usaha cepat berkembang karena faktor lokasi
- Daerah perumahan akan memicu perkembangan ekonomi
- Usaha bersama
- Melakukan kerjasama saling menguntungkan
No comments:
Post a Comment