Tuesday, April 27, 2010

14 RAHASIA USAHA


  1. Penuhi kebutuhan konsumen
  • Kenali kebutuhan konsumen
  • Penuhi kebutuhan tersebut dengan harga, kualitas produk, dan pelayanan yang lebih baik
  • Product centric = membuat banyak produk sekaligus berdasarkan analisa pasar
  • Costumer centric = membuat produk hanya saat ada pesanan dari konsumen
  1. Jual keunikan(ultimate advantage)
  • Produk Kreatif dan inovatif
  • Penemuan jenis produk, teknologi, sistem, dan program baru
  • Jangan ragu mematenkan penemuan baru
  • Penemuan baru yang memiliki ultimate advantage sangat berpeluang menembus pasar
  1. Duplikasi usaha lain
  • Terkadang ide usaha tersebar dimana-mana
  • Perlu membaca peluang, mengukur potensi dan berani mengambil resiko
  • Plus memberikan nilai tambah(harga, pelayanan, kecepatan, keramahan)
  1. Beri fasilitas tambahan
  • Agar unggul produk dapat diubah dan atau ditambah
  • Kuncinya dalah keunggulan produk dibanding yang lain
  1. Jual ketrampilan
  • Jeli dengan bakat yang dimiliki orang
  • Manfaatkan orang berbakat pada hal yang dapat dijadikan nilai jual
  1. Jadi agen
  • membuka keagenan atau biro jasa
  • Perlu pengalaman dan relasi
  • Dapat ditangani sendiri atau mempekerjakan orang berbakat
  1. Jual barang second
  • Barang memiliki nilai historis
  • Barang memiliki merk asli dan bagus
  • Barang memiliki harga yang spesial
  • Barang milik orang terkenal
  • Tidak akan kekurangan barang
  1. Buka kantor
  • Coba merintis kantor sendiri, ajak kolega atau teman seprofesi untuk patungan modal
  • Jual skill dan pengalaman anda, reputasi dan relasi akan mempengaruhi jumlah klien
  1. Jalankan DS/MLM
  • Bisnis prospektif
  • Direst selling(DS) dan multi-level marketing(MLM) sering juga disebut personal franchise
  • Modal relatif murah
  • Didukung produk yang bagus
  • Memiliki sistem pendukung pemasaran
  • Ada pelatihan dan seminar
  • Jenjang karier
  • Kesempatan untuk mendirikan perseroan sendiri(authorized distributor)
  • Hindari bisnis skema piramid atau money game berkedok MLM
  1. Beli waralaba
  • Modal lumayan besar tapi bagus untuk yang tak mau repot memikirkan jenis usaha baru
  • Waralaba usahanya relatif terstandarisasi
  • Jeli memilih waralaba yang bagus dan berpotensi
  • Banyak pilihan waralaba dengan modal besar atau yang sedang-sedang saja
  1. Beli usaha prospektif
  • Punya keunikan dan SDM bagus
  • Prospeknya cerah
  1. Beli usaha sekarat
  • Usaha sekarat karena manajemen yang amburadul
  • Jeli dalam merekayasa ulang usaha dengan strategi yang tepat
  • Biaya pemolesan(pemulihan) harus dikontrol
  • Dapat dibeli dengan harga murah
  1. Buka lokasi
  • Usaha cepat berkembang karena faktor lokasi
  • Daerah perumahan akan memicu perkembangan ekonomi
  1. Usaha bersama
  • Melakukan kerjasama saling menguntungkan
Sumber : kuliah kewirausahaan

No comments:

Post a Comment