Thursday, April 28, 2011

Simulasi Logika Alarm Kendaraan Sederhana

 
sekarang ini makin banyak saja tindak kejahatan karena adanya kesempatan tentunya, agar kesempatan itu tidak didapat perlu adanya pencegahan salah satunya alarm untuk kendaraan.

nah sekarang kita akan mencoba membuat rangkaian logika sederhana untuk alarm kendaraan sederhana.
pertama-tama kita harus merancang apa saja yang diperlukan untuk alarm yang akan dibuat, diperlukan beberapa komponen dasar yaitu:

1. remote kendaraan, yang memilki 1 tombol untuk memberi perintah terkunci(0) atau terbuka(1).
2. indikator mesin, saat mesin menyala(1) dan saat mesin tidak menyala(0).
3. indikator kunci pada kendaraan, kendaraan terkunci(0) atau tidak terkunci (1)
4. output alarm, alarm hidup(1) dan alarm mati(1)

jika di tulis dalam tabel dapat dilihat seperti berikut:
 
 pada tabel diatas telah ditulis kondisi hidup, mati seperti yang telah tertulis pada komponen dasar yang diperlukan. kondisi 0/1 dapat diubah sesuai keperluan.

tabel tersebut didapatkan dari hubungan logika, jika remote kunci tertutup(0) maka indikator terkunci akan mati(0), dan jika pada kondisi ini mesin menyala maka alarm akan menyala. jika remote kunci terbuka(1) maka indikator kunci akan menyala dan saat mesin dihidupkan alarm tidak akan menyala.
hadil output indikator dan alarm pada tabel dapat diperoleh dengan rumus:

indikator = C+D
alarm = B

rumus tersebut didapat dari hubungan kondisi output(1) dengan kondisi input(A,B,C,D)

nah rangkaian elektronik dengan gerbang logika sederhana dapat dibuat seperti berikut:
input dari kondisi remote dan mesin dimasukkan ke dalam decoder 2 to 4 seperti pada rangkaian sehingga menghasilkan 4 output kondisi a(00), b(01), c(10), dan d(11) seperti pada tabel. dan output dibuat seperti pada rumus dengan menghubungkannya dengan kondisi yang sesuai sehingga didapat hasil logika seperti yang diharapkan :)

konsep ini masih sebatas teori dasar dalam logika pembuatan alarm untuk pembuatan secara realnya tentu lebih kompleks dengan mengubah indikator input-output yang ada menjadi sensor atau perangkat mekanik yang dapat menghasilkan logika yang sama seperti konsep ini.



 

3 comments:

Anonymous said...

wkwkwkwkwk
bs jd bahan buat uji kaskus/responsi gan atur nuwun

bARU BElLajar BloG said...

whah kok cuman decoder 2 ke 4 ja, yang lain dong...

MamasGame said...

skema alarm e na ra kang? sing madan ringkes kro murah. tur gampang diglet nang skj/pwt. bsa go on/of kontak lwat remot, startr, klakson, alarm lwat rmot. go motor. ksuwun. q cah kalibagor banyumas. parengskema alarm e na ra kang? sing madan ringkes kro murah. tur gampang diglet nang skj/pwt. bsa go on/of kontak lwat remot, startr, klakson, alarm lwat rmot. go motor. ksuwun. q cah kalibagor banyumas. pareng

Post a Comment